Jumat, 12 Mei 2017

#UPERP10T05B - Mass Mailing dalam Marketing (Sub CRM)

Assalamu'alaykum dan salam sejahtera untuk kita semua.

Long time no see ya... Kali ini saya akan mencoba share mengenai penggunaan fitur mass mailings dalam menu marketing yang skenarionya harus dijalankan oleh seorang CRM Officer.
Layanan Mass Mailings ini memungkinkan seorang CRM Officer dengan mudah mengirimkan email secara masal ke Contact, Lead, Opportunity dan Customer. CRM Officer juga dapat melacak performa campaign mail untuk meningkatkan performance perusahaan ataupun promosi. Selain itu terdapat fitur untuk desain template email profesional dan dapat melakukan redesign template yang ada hanya dengan beberapa klik. Amazing sekali bukan?
Tanpa perlu banyak basa-basi. Langsung mulai aja ya, yang sudah saya lakukan dalam mengeksplor fitur Mass Mailings. Yuuuk mariiii....

1. Tulis daftar Mailing List baru dalam Odoo.
Dalam eksplorasi kali ini saya membuat 2 mailing lists, yaitu: News Leter & Promotion.


2. Buat contact yang akan dijadikan recipient (penerima) Mass Mailings. (sebenarnya tanpa harus membuat contact pun bisa saja dengan memilih Lead, Opportunity ataupun customer. Dalam hal ini, saya mencoba menggunakan Contact, nantinya akan dientry dalam Mailing List yang sudah dibuat dalam point 1). Pembuatan contact dapat juga dilakukan menggunakan teknik import.
Saat entry contact, pilih Mailing List yang telah dibuat.


3. Langkah selanjutnya, pilih template yang akan digunakan dalam Mass Mailings. Eksplorasi kali ini saya hanya menduplikasi template yang sudah ada pada odoo.

4. Create Mass Mailing. Tahapan ini yang harus diisi yaitu Subject, Recipients (Bisa memilih dengan mengklik button pada Recipients dalam menu tsb)
Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa fase: mulai dari draft, Tested, dan Sent. Saya membuat 2 Mass Mailing, yaitu; PROMOTION dan News Letter.
  • Promotion
Gambar dibawah ini menunjukan dalam tahapan Tested

Saat mengklik Send to All. Maka akan muncul notifikasi sebagai konfirmasi "Apakah akan dikirim ke semua penerima? Apakah tetap ingin proses?"
Setelah email dikirim, kita bisa memeriksa siapa saja penerima dari Mass Mailing tersebut dengan cara Klik icon amplop yang bertuliskan Emails.
Sehingga muncul penerima email Mass Mailing tersebut.
  • News Letter
Dalam percobaan mengirim news Letter sama hal nya seperti point-point Promotion, hanya saja saya menambah file PDF berupa news letter dalam Mass Mailing tersebut.
Berikut merupakan template dari attachment dalam Mass Mailings / News Leter tersebut. Template dapat diunduh disini.
5. Buka menu Mass Mailing dan klik Mass Mailing, maka akan muncul berupa dashboard kanban atas email-email yang telah dikirim.

And Done!
Demikian posting kali ini mengenai penggunaan Mass Mailing dalam menu Marketing yang dilakukan oleh seorang CRM Officer. Semoga bermanfaat.


Terimakasih.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar