Assalamu'alaykum...
Selamat siang menjelang sore Happy People...
Dalam posting kali ini, saya akan memberikan gambaran tentang 2 Modul Add Ons yang telah saya gunakan. Adapun kedua modul Add Ons tersebut yaitu: HR Utilization Report dan Sales Order Last Price. Poin-poin yang akan saya jelaskan adalah sebagai berikut:
A. Melengkapi Langsung Data yang Masih Kosong pada Google Spreedsheets.
Tampilan Google Spreadsheets sebelum dilengkapi.
Tampilan Google Spreadsheets sebelum dilengkapi.
Link Download Modul HR Utilization Report & Link Download Modul Sale Order Last Price
B. Cara Instal Modul Add Ons.
- Download Modul yang akan diinstal dari link yang sudah di share pada point A. (Dalam hal ini saya mencontohkan Modul HR Utilization Report.
- Extract Modul yang sudah di download tadi.
- Copy hasil extract Modul yang sudah di download tadi ke directory C:\Program Files (x86)\Odoo 8.0-20170308\server\openerp\addons (Note: Directory bergantung kepada jenis OS laptop/PC yang digunakan. Dalam hal ini, saya menggunakan Windows)
- Lakukan Update Modul List dan cari di kolom pencarian Modul yang akan diinstal (note: pastikan semua filter di non aktifkan).
- Instalasi Modul-Modul Add Ons lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan tutorial yang sama. Sebelum dan setelah berhasil instal Modul Add Ons, perhatikan aspek-aspek berikut: Buka Modul yang diinstal pada menu settings, lalu klik technical data dan installed features. Karena melalui menu tersebut, kita dapat mengetahui dimana modul tersebut diimplementasikan, menghadirkan menu baru atau hanya berupa form.
C. Download modul tambahan *.zip dari www.odoo.com/apps.
MODUL HR UTILIZATION REPORT
D. Panduan Cara Menggunakan Modul
Buat contract pada menu Human Resources. Pada colom duration, isi periode kontrak berlaku dan masa berakhir. Serta masukan nominal sallary yang diberikan kepada karyawan terkait.
Buat schedule kerja untuk karyawan terkait.
Konfigurasikan point-point yang ingin ditampilkan dalam report untuk dianalisa lebih lanjut dalam report.
Masuk ke Menu Settings/Reports/Report jika dalam hal ini dirasakan perlu untuk melakukan customusasi untuk menghasilkan output report yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Report yang telah selesai di konfigurasikan dapat dilihat pada menu Reporting/Report/Utilization Report. Dengan memilih terlebih dahulu konfigurasi yang pada tahap sebelumnya dibuat.
E. Kegunaan Modul HR Utilization Report
Modul HR Utilization Report berfungsi untuk menyajikan informasi waktu kerja yang dialokasikan dihabiskan untuk aktivitas apa saja yang telah dibuat berdasarkan kategori yang ada, serta menginformasikan mengenai komposisi pekerja yang memiliki contract ataupun pekerja tetap.
Dalam kategori diklasikan berdasarkan: acount billiable, sales, holidays, sick dan lain sebagainya. Kategori yang telah dibuat tersebut dapat dijadikan account analytic yang selanjutnya dianalisa oleh HR Officer.
F. Perbedaan Sebelum & Sesudah Instal Modul HR Utilization Report
Sebelum Instal Modul HR Utilization Report
Pada menu Reporting tidak ada Human Resources > Utillization Report
Pada menu Human Resources tidak ada sub menu Utilization Report.
Sesudah Instal Modul HR Utilization Report
Pada menu Reporting terdapat Utilization Report.
Tambahannya terdapat pada:
Human Resources/Configuration/Utilization
Human Resources/Configuration/Utilization/Column
Human Resources/Configuration/Utilization/Configuration
Reporting/Human Resources/Utilization Report
SALE ORDER LAST PRICE
D. Panduan Cara Menggunakan Modul
Buat Beberapa Sales Order dengan beberapa variant:
Beda customer, beda produk, masing-masing customer membeli beberapa produk yang berbeda.
Berdasarkan technical data dan installed fitur: Modul ini hanya memunculkan form dan tidak memunculkan menu khusus setelah diinstal.
Masuk ke menu Setting/Database Structures/Fields dan cari modul sale_order_last_price.
Lalu centang modul tsb. Disisi lain, kita juga bisa melakukan customize mulai dari membuat menu baru sampai dengan mengatur responsibility atas form dari modul tersebut.
E. Kegunaan Modul Sale Order Last Price
Seperti yang disampaikan dari information sebelum pada modul, modul ini berfungsi untuk menambah fitur filter dalam tampilan grant pada sales order.
F. Perbedaan Sebelum & Sesudah Instal Modul Sale Order Last Price
Pada menu Sales/Sales Order/Grant Report tidak dapat memilih filter berdasarkan Sales Order Last Price
Pada menu Sales/Sales Order/Grant Report dapat memilih filter berdasarkan Sales Order Last Price.
G. Database Modul Add Ons (HR Utilization Report & Sale Order Last Price)
Database dapat diunduh disini.
H. Screenshoot Laporan dan Posting di Blog (Pribadi & Kelompok)
Jawaban sudah di posting di Blog Kelompok, link posting tersebut dapat diakses disini.
I. Posting Jawaban di Slack chanel #1-odoo
Demikian jawaban atas soal UAS nomor 3 - Instal modul Add Ons. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar